Belajar Cara Sukses Bisnis Properti bersama mauproperti.net
Sedang memuat ...

Ternyata Begini Cara Mengecat Tembok Berbagai Motif Unik

Mengecat tembok rumah merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan ya guys. Apalagi di beberapa momen seperti lebaran pasti banyak banget yang berburu ke toko cat untuk membeli dan mengganti cat rumahnya yang sudah kusam. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengecat ulang tembok rumah yang sudah kusam dan lama. Bisa dengan membuat desain dan style cat terbaru atau masih mempertahankan konsep cat tembok lama.

Cara Mudah Mengecat Tembok Berbagai Motif Unik

Cara Mudah Mengecat Tembok Berbagai Motif Unik

Akan tetapi supaya lebih berwarna dan membuka lembaran baru mending sekalian aja deh konsep dan desain temboknya kita bikin bermotif yakan. Ada sangat banyak motif cat tembok kamar ataupun rumah yang bisa dijadikan referensi sebagai cat tembok yang keren dengan motif unik. Adapun pada kesempatan kali ini kita mau bagikan tentang bagaimana cara mudah mengecat tembok dengan berbagai model, variasi dan motif unik untuk rumah anda.

Cara Mengecat Tembok Motif Marmer

Mengecat tembok dengan motif marmer mungkin menjadi sebuah pekerjaan yang membutuhkan tantangan. Karena mengecat tembok dengan motif marmer ini membutuhkan ketekunan dan ketelitian loh. Sebab motif marmer ini menjadikan laptop seperti batu gitu loh. Ya contohnya kayak gambar dibawah ini loh.

Cara Mengecat Tembok Motif Marmer

Contoh dan Referensi Cara Mengecat Tembok Motif Marmer

Pasti udah familiar kan dengan melihat konsep cat tembok bermotif marmer. Biasanya ini bisa kita jumpai di dalam dan di luar rumah. Tapi kebanyakan orang sih bikin motif marmer ini di dalam untuk tiang rumah. Selain itu beberapa tempat ibadah seperti mesjid juga menggunakan motif marmer ini. Sebelum memukan mengecat tembok marmer ada baiknya anda simak terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan.

Tips dan Teknik Cara Mengecat Tembok Motif Marmer Terbaru dan Terbaik

Tips dan Teknik Cara Mengecat Tembok Motif Marmer Terbaru dan Terbaik

Persiapan Dinding

  • Pastikan dahulu dinding yang akan dicat marmer telah di cat semi-gloss agar terlihat mengkilat.
  • Dinding bersih dari segala jenis kotoran ataupun debu yang menggangu.
  • Pastikan dinding bersih dari segala jenis debu dan kotoran.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk cat tembok marmer

  • Cat akrilik untuk tembok
  • Air yang berfungsi sebagai pengencer
  • Kuas cat ukuran besar dan kecil
  • Kuas lukis ukuran kecil
  • Lap microfiber
  • Cat dengan warna senada, mulai dari yang agak gelap, terang muda, sampai yang gelap. Misalnya cat warna krem, krem kecoklatan, dan coklat.

Cara pengecatan cat tembok dengan motif marmer

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu semua catnya yang akan digunakan untuk mengecat tembok bermotif marmer.
  2. Encerkan sesuai komposisi pengenceran yang telah dianjurkan. Umumnya komposisi ini sudah tertera di kemasan cat yang anda beli.
  3. Sapukan terlebih dahulu warna dasar, yaitu warna yang paling cerah dengan arah miring. Sapukan secara acak ke berbagai sisi, jangan sampai memenuhi dinding. (kalau memenuhi dinding berarti Anda mengecat ulang ruangan dengan warna polos, bukan motif marmer). Buat motif bervariasi dengan sapuan dari sudut kuas yang berbeda.
  4. Sapukan warna tone agak gelap secara diagonal. Arah miringnya harus sama dengan warna sebelumnya, jangan sampai berbeda. Misal miring ke kanan atau ke kiri saja. Baru kemudian sapukan cat warna gelap ke beberapa bagian.
  5. Gunakan kuas cat berukuran kecil untuk langkah ke-2 dan ke-3.
  6. Selagi masih basah, segera lap perlahan-lahan untuk meratakan motif cat yang disapukan, sehingga terlihat alami.
  7. Selagi masih basah, segera gunakan kuas besar halus untuk menghaluskan permukaan dinding dan menyamarkan bekas sapuan.
  8. Dengan kuas lukis berukuran kecil, buat garis cat warna gelap di sisi tepi sapuan warna.

Catatan Penting:

  • Lakukan pengecatan di malam hari, hal ini dilakukan agar cat tidak mudah kering.
  • Pengecatan harus dilakukan dengan cepat dan langsung jadi. Jadi gak boleh ditunda-tunda ya. Adapun Batas waktunya adalah sampai cat mengering. Jika cat sudah mengering maka dipastikan tidak bisa diubah lagi.
  • Meski terlihat mudah, tetap dibutuhkan daya seni dan imajinasi untuk membuat motif yang terlihat alami seperti marmer asli.

Gimana? Selanjutnya kita akan bahas teknik mengecat tembok dengan motif dan variasi polkadot ya.

Baca juga :

Cara Mengecat Tembok Polkadot

Sama halnya seperti mengecat tembok dengan motif marmer, mengecat tembok polkadot pun harus memiliki persiapan dan bahan agar tidak kesulitan nantinya.

Cara Mengecat Tembok Motif Polkadot

Cara Mengecat Tembok Motif Polkadot

Persiapan Alat dan Bahan

  1. Karton kayu yang keras.
  2. Kuas dengan berbagai ukuran baik yang besar ataupun kecil.
  3. Cat dengan varian warna yang berbeda.
  4. Pengencer cat (sesuaikan dengan produk catnya)
  5. Pensil dan penghapus.
  6. Penggaris (Jika dibutuhkan).

Persiapan Desain Gambar

  1. Tentukan pola gambar seperti apa yang anda inginkan.
  2. Cetak bentuk lingkaran menggunakan karton keras bisa dibentuk dengan printer lalu di gunting.
  3. Buat beberapa bentuk lingkaran dengan variasi ukuran mulai dari yang kecil, sedang dan besar.
  4. Cat tembok secara keseluruhan dengan satu warna dulu dan tunggu hingga kering.
  5. Setelah kering, bentuk tembok dengan model polkadot dengan warna yang berbeda-beda.

Itu dia teknik jitu mengecat tembok rumah ataupun kamar. Buat yang punya saran dan masukkan boleh info kita ya. Semoga Bermanfaat~

  • cara mengecat tembok motif polkadot
  • ngecat tembok mptif
/* */